MCR Yogyakarta Himpun Seribu Jempol untuk Pancasila

Maraknya kasus kekerasan ini membuktikan bahwa semboyan dalam sang kaki garuda yaitu Bhinneka Tunggal Ika sudah dilanggar dan dinodai.

YOGYAKARTA, Jaringnews.com – Dalam rangka merayakan hari jadi Pancasila, Komunitas Masyarakat Cinta Republik (MCR) bersama berbagai kelompok lintas iman dan elemen masyarakat Yogyakarta melakukan longmarch dari Perempatan Tugu sampai titik nol Yogyakarta di Perempatan Kantor Pos Lama dengan aksi teatrikal dan penggalangan cap jempol dari masyarakat.

Saat dihubungi Jaringnews.com dari Jakarta, koordinator aksi bertajuk “Seribu Jempol untuk Pancasila” Kresna Duta menyatakan bahwa aksi penggalangan cap jempol ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat pada Pancasila.

“Sangat ironis dan tragis, bila sampai saat ini masih ada kelompok kelompok yang ingin mengganti dasar negara kita ini dengan yang lain. Di sisi lain masyarakat kita juga semakin kehilangan kesadaran sejarah bangsa ini. Banyak yang tidak perduli dengan Pancasila,” tegas Kresna Duta.

Ia menegaskan bahwa akhir- akhir ini banyak terjadi kekerasan di tengah masyarakat kita, kasus Cikeusik, Yasmin Bogor, Gandekan, LKIS, Ternate, Bekasi dan kasus kekerasan lainnya. Maraknya kasus kekerasan ini membuktikan bahwa semboyan dalam sang kaki garuda yaitu Bhinneka Tunggal Ika sudah dilanggar dan dinodai.

“Untuk itu, pada hari ini sebagai wujud kecintaan kami akan hidup berbangsa dan bernegara, kami mengingatkan kembali akan arti pentingnya Pancasila sebagai landasan dan pegangan dalam menata kehidupan bangsa Indonesia,” tegasnya.

MCR juga mendesak pemerintah untuk menjalankan sistem ekonomi Pancasila sebagai sistem dan dasar perekonomian nasional dan menghentikan segala bentuk kekerasan yang terjadi di masyarakat kita, tanpa tebang pilih demi terwujudnya masyarakat yang Bhinneka Tunggal Ika Tan Hanna Dharma Magrwa.

Sumber :http://jaringnews.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s