Pancasila Harus Dihidupkan Lagi

 

Diakui atau tidak,  realitanya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila makin jauh dari kehidupan bangsa Indonesia. Terbukti  kian sulitnya menemukan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dulu,  kepentingan pribadi atau kelompok bisa dikalahkan oleh kepentingan umum. Namun sekarang, setiap  hari media masa mengabarkan perihal nafsu pribadi dan kelompok yang suka mengalahkan kepentingan umum. Dan itu menjadi salah satu bukti bahwa nilai-nilai Pancasila kian tersisih dari bangsa Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito saat memberi sambutan pada acara pembukaan sosialisasi empat pilar Goes to Campus, kerjasama MPR RI dengan UB, di Gedung Widyaloka, Rabu (6/6).  Acara yang mengambil tema aktualisasi nilai-nilai Pancasila, itu menghadirkan tiga nara sumber. Yaitu, Pimpinan Fraksi Partai Golkar MPR RI, Drs. Josef A. Nae Soi, MM, anggota MPR fraksi Partai Demokrat Gede Pasek Suardika, SH dan dosen UB Prof. Dr. Sudarsono, SH. MS.

Karena itu menurut Yudi, tugas MPR melakukan sosialisasi empat pilar patut didukung semua elemen masyarakat. Karena hanya dengan nilai-nilai Pancasila sajalah persatuan Indonesia bisa dipertahankan.

Sementara itu, pimpinan MPR yang  memberikan sambutan tertulis, dibacakan  Josef A. Nae Soi berterimaksih pada civitas akademika UB yang mau bekerjasama melaksanakan goes to campus. Goes to campus merupakan salah satu metode dalam melaksanakan sosialisasi.  Pelaksanaan goes to campus di UB merupakan yang ke lima, setelah pelaksanaan di UI, Padjajaran, Undip, dan UGM.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s