Kemiripan Budaya Jadi Daya Tarik Turis India ke Bali

Dinas Pariwisata Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan asal India ke Bali meningkat setiap tahunnya dari 21.065 orang Januari-Mei 2011 menjadi 25.518 orang dalam periode sama 2012.

Persamaan budaya yang berlandaskan agama Hindu merupakan salah satu faktor daya tarik masyarakat India melakukan perjalanan wisata ke Bali, kata pengamat pariwisata Bali, Tjokorda Gede Agung di Denpasar, hari ini.

Menurut Gede Agung, naluri keingintahuan untuk melihat kesamaan budaya Hindu yang ada di India dengan yang ada di Bali adalah salah satu faktor peningkatan turis negeri itu ke Pulau Dewata.

Ia mengatakan, promosi pariwisata yang pernah dilakukan pemerintah Provinsi Bali ke India tempo hari, tampaknya sudah memberikan hasil yang cukup menggembirakan, sebab turis India ke Bali terus bertambah banyak.

Melonjak jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal India yang melakukan perjalanan wisata ke Bali sesuai keinginan pemerintah yang berupaya membidik lebih banyak orang-orang kaya asal India itu ke Bali.

Gede Agung mengatakan, adanya hubungan baik yang ditindaklanjuti dengan kerja sama kebudayaan antara Bali dan India, maka diharapkan akan menambah gairah bagi rakyat yang berpenghasilan tinggi India datang ke Bali.

Sering ada kunjungan petinggi negeri India ke Bali seperti Konsulat India berkunjung ke Pulau Dewata akhir Mei 2012 akan berpengaruh besar terhadap kedatangan masyarakat negeri itu untuk datang berlibur ke darah ini.

Di samping itu munculnya pusat-pusat kebudayaan India dengan praktek yoga, serta mendatangkan pelatih dari negeri itu, otomatis akan mampu memberikan informasi tentang budaya Bali setelah mereka kembali ke India.

Sementara masyarakat Bali, juga semakin banyak melakukan perjalanan wisata sekaligus melakukan perjalanan suci ke Sungai Gangga India, sehingga akan terjadi komunikasi di antara kedua masyarakat yang mayoritas menganut paham Hindu itu.

Sumber:http://www.beritasatu.com

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Bali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s