Hindu Kaharingan Gelar Upacara Mamapas Lewu

Ilustrasi, Salah satu peserta ritual saat menumbak (menombak) hewan yang dijadikan sebagai kurban (Foto - Jaringnews/Maya Selviani)

Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah merupakan salah satu pusat penyebaran terbesar agama Hindu Kaharingan di Kalimantan Tengah. Pada tanggal 12 Desember nanti, penganut agama ini akan menggelar upacara puncak mamapas lewu (membersihkan kampung halaman).

Ketua Panitia kegiatan, Dewin Marang menjelaskan acara ini akan digelar dengan meriah dan dipusatkan di taman miniatur budaya yang ada didekat di kawasan Bundaran Masjid Raya Sampit. Menurutnya acara sengaja digelar semeriah mungkin untuk menarik banyak perhatian, termasuk para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

“Pada kegiatan itu juga akan ada salah satu upacara sakral yaitu mampakanan dahiang apui yang tujuannya untuk mencegah marabahaya yang menimpa kampung halaman,terutama yang berasal dari api atau kebakaran,”ujarnya di Sampit, Selasa (10/12).

Selain itu lanjut Dewin, sebelum acara puncak pada tanggal 12 Desember , kegiatan ini juga akan dirangkai dengan agenda lainnya seperti tari-tarian budaya, serta arak-arakan keliling kota dengan membawa sesajen dan menabur beras kuning dalam rangka menolak bala.

“Saya berharap kegiatan ini nantinya bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala,” ucapnya.

http://jaringnews.com/

BACA JUGA:

Tinggalkan komentar