Ada Penjor Saat Natal

Toleransi dalam beragama diterapkan salah satu agama yang ada di Denpasar, yaitu umat Kristiani yang hari kemarin (25/12) merayakan hari besar Natal dengan memasang Penjor didepan pintu masuk Gereja.
Gereja Katolik Katergral Roh Kudus yang terletak dijalan Tukad Musi, Panjer ini terlihat lain dari pada Gereja pada umumnya. Gereja ini memasang penjor tepat dipintu masuk saat merayakan hari raya besar Natal. Penjor yang biasa dipasang pada saat Hari raya besar Agama Hindu di Bali ini terlihat dipasang di Gereja ini.

 

Berdy Salah satu pengurus gereja yang ditemui disela-sela perayaan Natal Rabu (25/31) mengatakan, penjor ini dipasang pada saat hari besar Kristen salah satunya hari Natal diperuntukkan untuk menghormati dan rasa toleransi umat Kristen terhadap Agama hindu di Bali. “Kita kan berada di Bali, yang notabena masyarakatnya beragama Hindu. Jadi Kita juga harus menghormati Adat dan Budaya yang ada disini,” katanya.
Ia juga menambahkan rasa toleransi antar umat beagama harus terus dipupuk karena pada umumnya Indonesia dan Bali khususnya merupakan masyarakat yang majemuk. Yaitu masyarakat yang mempunyai banyak adat istiadat, budaya, agama yang berbeda-beda. Jangan sampai perbedaan itu dipakai untuk saling bersaing dan bermusuhan antara satu dan yang lainnya. “Kan ada pepatah mengatakan, Dimana tanah dipijak disana langit dijunjung,” tambahnya seperti dilansir suluhbali.co, Kamis (26/12).
Tidak hanya Penjor, tetapi arsitektur bangunan Gereja ini juga meniru arsitektur bangunan khas Bali, seperti ukiran dan urnamen-urnamen yang diterapkan pada luar dan didalam bangunan Gereja ini.
Berdy juga mengatakan bahwa gereja ini tidak hanya memasang penjor saat Natal saja, tetapi pada saat Hari raya Galungan dan Kuningan geraja yang dibangun pada tahun 2001 ini selalu memasang Penjor di depan pintu masuk Gereja ini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s