Perpaduan Alam, Kerukunan Umat Beragama dan Kebudayaan di Pura Jagatkarta

Indonesia negara dengan keindahan alam dan keberagaman kebudayaan yang amat menakjubkan. Banyak hal baru dan menarik dapat kita temukan di indonesia, salah satu hal yang menarik adalah kearifan lokal masyarakat indonesia. Kerukunan merupakan tolak ukur bagi keberagaman yang mempersatukan indonesia, Bhineka Tunggal Ika asas ini lah yang selalu di usung oleh masyarakat indonesia sehingga kerukunan selalu di junjung tinggi oleh masyarakat indonesia. Salah satu hal terpenting dalam hal kerukunan ini adalah kerukunan beragama, mengingat bahwa indonesia memiliki 6 agama yang di anut oleh masyarakat indonesia.
Berbicara kearifan lokal, di kota bogor tepat ya di kecamatan taman sari berdiri kokoh sebuah pura indah khas hindu tepat di bawah kaki gunung salak. Pura yang memiliki nama jagatkarta ini merupakan sebuah tempat ibadah bagi umat hindu daerah kota bogor.

Pura yang menonjolkan nuasa bali ini merupakan sebuah apresiasi terbesar terhadap prabu siliwangi yang merupakan raja terkenal di kerajaan padjajaran. Selain pemandangan lanscape kota bogor yang indah di pura yang memiliki julukan balinya bogor inipun kita dapat merasakan Keharonisan beragama diantara warga masyarakat di sekita. Sebelum memasuki area pura di sepanjang jalan kita akan menemukan warung-warung yang semuanya bernuansa hindu karena memang sebagian pemilik warung-warung itu mayoritas beragama hindu.
Nuansa keharmonisan beragama sangat kental sekali terasa di pura ini, dimana pura yang berdiri kokoh di kawasan yang hampir seluruh mayoritas nya merupakan pemeluk agama islam. Rasa tenggang rasa dapat di rasakan disini, dimana ketika sedang dilaksanakan nya upacara besar keagamaan saling bahu membahu untuk membantu. Selain itu kita seorang pengunjung yang memakai hijab selalu di perbolehkan mengunjungi pura ini selama selalu mengikuti tata tertib yang berlaku disana.

Tak hanya itu para pemuka agama saling bertukar pikiran.
Selain rasa saling menghargai yang kuat sesama umat beragama, pura ini juga merupakan sebuah repleksi perpaduan antara seni, kebudayaan dan alam. Selama di pura ini mata kita akan di manjakan dengan pemandangan indah gunung salak, dan udara sejuk.

Keindahan ornamen yang terdapat di pura ini merupakan wujud apresiasi terhadap sebuah keindahan. Menjaga alam merupakan sebuah slogan yang di terapkan di pura ini sehingga keasrian dari pura dan hutan-hutan yang ada di sekitarnya tetap terjaga. Tak seberapa jauh dari pura jagatkarta terdapat sebuah air terjun yang eksotis yang wajib kita kunjungi.

http://wisata.kompasiana.com/

Baca Juga:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s