Tradisi Unik Ritual Candi Hindu

Masyarakat sekitar Gunung Merapi di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan tardisi tahunan di dua candi hindu yang terleltak di Desa Sengi.

Ritual di kedua candi ini melibatkan 50 seniman lereng Gunung Merapi. Ritual unik ini dimulai dengan prosesi perarakan dari jalan desa setempat menuju Candi Aso dan Candi Pendhem.

Sepanjang perarakan mereka memanjatkan puji-pujian disertai tarian. Ritual pertama dilakukan di Candi aso. Di candi ini ritual dilakukan dengan menaruh sesajen dan memanjatkan doa-doa sambil berkeliling candi.

Seusai dari Candi Aso, prosesi ritual dilanjutkan ke Candi Pendhem yang berjarak sekira 100 meter dari Candi Aso. Perjalanan menuju Candi Pendhem harus menembus areal persawan karena tidak adanya akses jalan menuju candi ini.

Di candi Pendhem para seniman melakukan gerakan tarian dan doa-doa mengelilingi seputaran candi. Tradisi ritual candi hindu ini bertujuan untuk menjaga nilai-nilai luhur para nenek moyang melalui doa-doa untuk lebih menyatu dengan alam sekitar.

Para seniman juga berharap nilai-nilai plurarisme dijunjung tinggi. Yang menarik dalam ritual ini selain doa-doa dipanjatkan dengan cara hindu, namun peserta ritual berasal dari lintas agama. Mereka membaur untuk melakukan ritual demi menjaga nilai-nilai plurarisme, dengan tujuan adanya kerukunan antar umat beragama.

Sumber : http://www.metrotvnews.com

BACA JUGA:

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s