Menag Minta Perkuat Ketahanan Keagamaan Umat

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta umat Hindu memperkuat ketahanan mental dan penghayatan keagamaan.

Jika rapuh dan dangkal, umat akan mudah terombang ambing dalam arus materialisme.

“Setiap orang dan kelompok masyarakat perlu memperkuat ketahanan rohaniah dan meningkatkan penghayatan keagamaan,” kata Lukman pada pengarahannya saat pembukaan lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XII, Jakarta, Sabtu (12/7) malam.

Menurut dia, masyarakat harus mengantisipasi ancaman minimnya nilai-nilai hidup dalam peradaban modern. Salah satu tugas para agamawan di setiap zaman adalah mengawal harkat manusia yang memiliki nilai kesucian dalam hidupnya. Dengan kata lain, agamawan harus membangun masyarakat untuk menjadi insan berkepribadian dan relegius.

Pada acara itu hadir Ketua Pelaksana Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Sang Nyoman Suwisma, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Tentara Nasional Indonesia Ida Bagus Putu Dunia, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Hindu Kementerian Agama Ida Bagus Gde Yudha Triguna, Sekjen Nur Syam, para kakanwil Kemenag dari seluruh Indonesia.

Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XII diikuti sekitar 2.700 orang dari seluruh Indonesia, termasuk pejabat dan dewan juri. Lomba membaca seni kitab suci Veda yang rutin digelar tiap tiga tahun kali ini berlangsung di Jakarta, 11-15 Juli 2014. Kegiatan tersebut diharapkan berdampak positif bagi peningkatan kualitas kehidupan beragama, khususnya umat Hindu di Tanah Air.

Dirjen Bimas Hindu Yudha Triguna menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci Weda. “Kegiatan ini sudah berlangsung 36 tahun, formatnya seperti MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran),” ujarnya.

Menurut Menag, kehidupan beragama tidak bisa dipisahkan dari pemahaman dan penghayatan umat terhadap kitab suci agama yang diyakininya. Karena itu kualitas pemahaman umat Hindu terhadap kitab Veda bagian penting bagi peningkatan kualitas kehidupan yang perlu terus dibina seiring tantangan di masyarakat.

Sumber: http://www.beritasatu.com/

BACA JUGA:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s