Terpesona Dewi Saraswati di Kaki Gunung Lawu

Sosok dewi selalu digambarkan berwujud cantik, begitu juga dengan Dewi Saraswati di dekat Candi Cetho, Karanganyar, tepat di kaki Gunung Lawu. Sekali melihat patung nan anggun ini, dijamin bakal terpesona kecantikannya.

Apabila mampir ke Karanganyar, Jawa Tengah, sempatkan untuk mampir ke Puri Dewi Saraswati di dekat Candi Cetho. Ketika detikTravel berkunjung ke Karanganyar beberapa waktu lalu, sosok sang dewi yang berada di tengah Puri Dewi Saraswati itu begitu mempesona.

Tidak sedikit wisatawan yang mampir ke Candi Cetho, tapi sedikit yang tahu akan keberadaan Puri Dewi Saraswati di dekatnya. Melalui pintu dan jalan setapak di sisi kiri Candi Cetho, Anda dapat menemukan sang dewi yang lokasinya sedikit tersembunyi.

Anda perlu menaiki anak tangga terlebih dulu sebelum mencapai Puri Dewi Saraswati. Awalnya mungkin melelahkan, tapi rasa lelah tidak terlalu terasa karena view alam yang begitu hijau dan indah. Usai menaiki anak tangga, sang ‘dewi’ akan menyambut Anda.

Sebelum bertemu dengan sang dewi, Anda perlu terlebih dulu melepas sepatu atau sandal Anda. Area Puri Dewi Saraswati sendiri merupakan tempat ibadah keagamaan umat Hindu sekitar, ketenangan perlu dijaga oleh pengunjung saat berada di tempat ini.

Setelah memasuki area puri dengan bertelanjang kaki, basuhlah diri Anda di Sendang Pundi Sari yang terletak di sisi kanan Dewi Saraswati. Rasakanlah segarnya udara pegunungan dan rasa sejuk di kaki Anda. Jika mau, Anda pun bisa melempar koin dan meminta berkat.

Dalam agama Hindu, Dewi Saraswati merupakan Dewi Ilmu Pengetahuan. Dewi Saraswati sendiri digambarkan memiliki empat tangan, dan masing-masing tangan memegang satu instrumen. Kakinya berdiri di atas bunga teratai, dan dikawal oleh dua burung.

Patung Dewi Saraswati yang terdapat di puri ini, sejatinya merupakan sumbangan dari Bali. Ada rasa nyaman yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sini. Puri Dewi Sarasawati terbuka untuk umum. Anda pun bisa memberikan sumbangan dana seikhlasnya di depan pintu masuk puri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s