Menguak Rahasia di Balik Kemegahan Candi Hindu

Menguak Ilmu Alam Di Balik Kemegahan Candi Hindu

Hindu merupakan salah satu agama tertua di dunia. Hindu merupakan penggabungan dari berbagai ritual, konsep, kebiasaan, dan praktik. Peninggalan yang disucikan salah satunya adalah Candi dan salah satu candi Hindu yang terkenal di Indonesia adalah Candi Prambanan di Yogyakarta.

Selain aspek agama dan sejarah yang kuat, candi Hindu mempunyai konstruksi dan arsitektur yang sangat mengagumkan. Namun, tahukah jika ternyata di balik hal tersebut tersimpan berbagai rahasia ilmiah yang mengejutkan?

Ya, hal ini benar adanya. Penasaran? Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Kamis (25/12/2014), ini ulasan selengkapnya:

Gudang Energi Positif

Candi dibangun dengan strategis di tempat yang banyak tersedia energi positif dari distribusi gelombang magnet dan elektik kutub utara dan selatan.

Moolsthanam merupakan tempat dengan energi positif terkuat. Jadi, apabila berdiri di dekat patung utama maka energi positif bisa terserap ke dalam tubuh.

Patung Utama

Keberadaan patung utama di dalam candi bisa membantu meningkatkan konsentrasi bagi setiap orang yang datang untuk berdoa.

Bunyi Lonceng

Lonceng yang terdapat di candi Hindu tak terbuat dari logam biasa. Lonceng terbuat dari campuran berbagai logam seperti kadmium, seng, timah, tembaga, nikel, kromium dan mangan. Masing-masing logam mempunyai peranan penting dalam bunyi yang dihasilkan, serta bisa menciptakan kesatuan di antara otak kanan dan kiri.

Loceng dibunyikan selama sekitar tujuh detik. Gema yang dihasilkan akan menyentuh diri dan membuat otak kosong. Dalam tahap ini, otak sedang memasuki tahap tak sadarkan diri dan pun menjadi sangat reseptif. Setelah berhenti, Anda pun tersadar kembali.

Kekuatan Ramuan

Ramuan yang diberikan saat berdoa bukanlah ramuan biasa, melainkan campuran dari bahan-bahan alami seperti kemangi suci, kunit, kapur barus (karpura), kapulaga, dan cengkeh yang dicampur dengan air.

Ramuan ini nantinya akan dituangkan pada patung utama sehingga sumber magnet pun meningkat. Hasilnya, ramuan ini ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi, pilek, batuk, dan sebagai ramuan penyegar mulut alami.

Meniup Kerang

Penganut Hindu percaya bahwa bunyi `Om` dari tiupan dipercaya sebagai suara dari Sang Pencipta. Selain itu, suara tersebut dipercaya bisa memberikan kesehara dan harapan baru.

Transfer Energi

Meremajakan indera yang dimiliki merupakan salah satu tujuan utama dibangunnya candi, selain sebagai tempat ibadah. Karena itu, duduk di kuil beberapa saat setelah ibadah menjadi momen yang penting sebagai waktu transfer energi.

sumber: http://liputan6.com/

 

BACA JUGA:

1 comments on “Menguak Rahasia di Balik Kemegahan Candi Hindu

  1. Dgn ‘pralatan’ n ‘tknik’ apa ya dibangun?. Klo pake pralatan n tknik sdrhana tntunya jaman2 ini sudah ada arsitek2 n tukang yg mampu mmbangun yg bnr2 sama bntuknya,bahan,dsb tapi knyataan tdk ada yg mampu pdhal pralatan n tknik udah modern. Knapa bisa bgtu?. ‘ajaib’,pdhal katanya jaman dulu blm ada yg canggih2 sprti skrang. Apakh org2 dahulu kala bodoh tapi pintar n org2 jaman modern pintar tapi bodoh. Apa ada jaman modern bangunan2nya tahan gempa skala tinggi? Ada tapi bangunan2 hunian kcil yg pake umpak2(tknik warisan leluhur),tu struktur n kontruksinya mngikuti ‘irama gerak gempa’ tdk sprti bangunan2 bsar lainnya yg pake baja beton komposit,pondasi batu belah ‘ditanam’ dlm tanah tdk mengikuti ‘irama gerak gempa’

Tinggalkan komentar